Jika anda ingin menghemat biaya atau mencoba pengalaman baru dalam melakukan renovasi cat rumah Anda sendiri, atau tips renovasi cat rumah 7 Tips Renovasi Cat Rumahdengan kata lain Anda ingin mencoba mengecat tembok rumah atau komponen rumah lainnya sendiri, Anda tak perlu merasa ragu atau khawatir meski anda bukan seorang pengecat profesional.

Jika Anda mencoba menerapkan tips-tips dalam melakukan renovasi cat rumah yang akan kami sampaikan berikut ini, hasil pengecatan yang Anda lakukan bisa jadi sama baiknya dengan yang dihasilkan tukang cat professional.

7 Tips Renovasi cat rumah Yang Sebaiknya Anda Tahu

  1. Pilhlah cat yang berkualitas dan sesuaikan jenis dengan penggunaannya, misal; untuk ruangan bagian dalam (interior) gunakan cat interior, sedangkan cat weathershield khusus untuk pengecatan bagian luar (eksterior).
  2. Jika harus mengecat dengan warna campuran (cat oplosan), usahakan dalam sekali mencampur (mengoplos) jumlahnya cukup untuk mengecat seluruh ruangan atau bagian yang akan dicat. Hal ini untuk menghindari perbedaan warna antara campuran yang pertama dengan campuran kedua.
  3. Jangan sekali-kali mengecat tembok atau komponen rumah lainnya dalam kondisi:
    • Terkena panas sinar matahari secara langsung.
    • Temperatur udara dan permukaan benda yang akan dicat dibawah 50 derajat celcius.
    • Di atas permukaan yang berkabut (mengandung gas).
    • Selama cuaca udara berkabut (lembab karena uap air).
  4. Pastikan seluruh permukaan yang akan dicat benar-benar bersih, bebas dari kotoran dan minyak. Kerok atau kupas cat lama kemudian ampelas hingga rata agar cat baru dapat melekat kuat dengan permukaan yang akan dicat.
  5. Pada permukaan dinding, tutup lubang-lubang kecil yang ada dengan plamir atau wall filler, setelah kering lakukan pengampelasan hingga rata. Sedangkan untuk permukaan kayu, bila ada sisa-sisa paku yang tak bisa dicabut, pukul dan benamkan hingga tidak tampak dari permukaan kayu kemudian tutup dengan dempul hingga rata dan kering, baru dilakukan pengampelasan.
  6. Jika sudah mengecat beberapa kali, gantilah kaleng wadah cat dengan kaleng yang baru. Ini untuk menghindari perubahan dan ketidaksamaan warna cat.
  7. Tips renovasi cat rumah yang terakhir adalah ketahui teknik mengecat yang baik. Cara menggerakan kuas cat yang baik adalah dari atas ke bawah agar menghasilkan bentuk permukaan lapisan cat yang baik. Hindari tumpahnya percikan-percikan cat dari kuas karena dapat menimbulkan permukaan cat bergelombang.  Bisa juga dikombinasikan dengan pengecatan menyamping untuk menghasilkan lapisan yang menutup sempurna.

Semoga 7 tips praktis renovasi cat rumah ini dapat membantu Anda yang mungkin ingin mencoba mengerjakannya sendiri.

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms: