urutan renovasi rumah

Rumah bagi semua orang adalah kebutuhan yang sangat pokok dan boleh dikata harus dimiliki sebagai tempat tinggal, tempat bernaung dan berinteraksi dengan seluruh anggota keluarga.

urutan renovasi rumah 150x150 7 Urutan Renovasi RumahBila anda memperoleh kesempatan untuk merenovasi rumah anda sendiri, mungkin anda akan bingung disaat ingin merenovasi sebuah rumah dengan tepat waktu, efisien dan hemat, serta hasil yang baik dan nyaman sesuai dengan apa yang anda kehendaki.

Urutan Renovasi Rumah Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Untuk dapat mewujudkan keinginan anda akan sebuah rumah yang cantik dan nyaman dengan proses renovasi yang tepat waktu dan efisien, ada beberapa urutan renovasi rumah yang harus diketahui dan dilakukan dalam melakukan sebuah pekerjaan renovasi rumah, yaitu:

1. Survey dan Konsultasi

Survey dan konsultasi dimaksudkan untuk dapat mengetahui dengan lebih jelas dan detil kondisi lokasi yang akan direnovasi. Hasil pengukuran dan analisa pada saat survey dan konsultasi akan digunakan sebagai acuan dalam melangkah ke urutan renovasi rumah selanjutnya. Survey dan konsultasi hanya dilakukan bila anda tidak ingin mengerjakan renovasi rumah anda sendiri, jadi bila anda ingin mengerjakannya sendiri, tahap survey dan konsultasi dapat diabaikan dan langsung ke proses selanjutnya.

2. Desain dan Gambar Kerja

Urutan renovasi rumah yang kedua adalah pembuatan desain dan gambar kerja. Namun biasanya pembuatan desain dan gambar kerja hanya dilakukan bila renovasi rumah yang dilakukan tergolong renovasi total atau memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi.

Desain adalah sebuah visualisasi yang menggambarkan bagaimana bentuk rumah jadi yang akan direnovasi nantinya. Biasanya desain dibuat dalam visualisasi 3 dimensi (3D) yang menggambarkan bentuk muka rumah (fasade) dan tampilan lainnya yang dperlukan.

Sedangkan gambar kerja atau gambar rencana adalah visualisasi detil teknis rencana rumah yang akan direnovasi yang berfungsi sebagai panduan pelaksanaan pekerjaan renovasi rumah sehingga kontraktor atau pemborong renovasi rumah yang mengerjakannya dapat bekerja dengan mudah, cepat dan terencana. Baik gambar kerja maupun desain dapat diperoleh dari arsitek.

Gambar kerja umumnya terdiri dari:

  • Denah (lay out)
  • Tampak bangunan (depan, belakang, samping kiri, samping kanan)
  • Potongan (Melintang dan Membujur)
  • Rencana Struktur (Pondasi, Sloof, Balok/Kolom, Ring balok, Rencana atap)
  • Instalasi Listrik & Plafond
  • Utilitas (Air bersih, air kotor, limbah)
  • Detail-detail lain yang diperlukan

3. Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Setelah desain dan gambar kerja selesai dibuat dan telah sesuai apa yang diinginkan, urutan renovasi rumah selanjutnya adalah pembuatan RAB atau rencana anggaran biaya. Dengan adanya RAB ini anda akan mengetahui prediksi jumlah biaya renovasi rumah yang harus disediakan, sehingga diharapkan tidak akan terjadi kendala keuangan dipertengahan pelaksanaan renovasi rumah anda. RAB sendiri bisa anda hitung sendiri (bila mampu) atau anda peroleh dari arsitek, perencana, kontraktor atau pemborong, sebagai satu kesatuan dari desain dan gambar kerja, atau terpisah sendiri. Untuk itu tergantung pada anda sendiri, apakah ingin satu paket atau dipisahkan.

4. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Demi keamanan dan kelancaran dalam proses pekejaan renovasi rumah anda, diperlukan adanya legalitas atau ijin dari pemerintah setempat. Legalitas dimaksud yang sangat diperlukan adalah Surat Izin Mendirikan Bangunan atau IMB dari instansi pemerintah setempat terkait.

5. Memilih Kontraktor Renovasi rumah atau Pemborong Bangunan

Setelah anda memiliki desain, gambar kerja, hitungan RAB, dan Surat izin mendirikan bangunan (IMB), maka urutan renovasi rumah selanjutnya adalah memilih kontraktor renovasi rumah atau pemborong bangunan yang akan melaksanakan pekerjaan renovasi rumah anda. Kontraktor atau pemborong sangat diperlukan karena sebuah pekerjaan renovasi rumah memerlukan ketelitian, ketepatan dan diperlukan tanggungjawab besar untuk dapat melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan.

Kontraktor renovasi rumah atau pemborong bangunan harus memiliki kapabilitas dan berpengalaman dalam hal memrenovasi rumah. Kerap ditemukan suatu pekerjaan renovasi rumah yang tidak berkualitas dan terbengkalai karena kontraktor atau pemborongnya tidak bertanggung jawab.

6. Kontrak Pekerjaan

Setelah anda mendapat kontraktor renovasi rumah atau pemborong bangunan yang anda percaya, selanjutnya tentukan sistem kerja antara anda sebagai pemilik rumah dengan kontraktor atau pemborong dalam suatu ikatan kontrak. Ada beberapa sistem kerja (kontrak) dalam pekerjaan renovasi rumah, antara lain:

  • Borongan Upah (Tenaga) dan Material

Pada sistem ini pelaksanaan renovasi rumah sepenuhnya diserahkan kepada kontraktor atau pemborong yang meliputi penyediaan tenaga tukang berikut material bangunan. Sistem ini boleh dikata yang paling umum dan paling praktis bagi sang pemilik rumah, karena pemilik rumah tidak perlu repot dan stress memikirkan proses pelaksanaan renovasi rumahnya. Tinggal tunggu hasilnya sambil sesekali mengawasi bila diinginkan.

  • Borongan Upah (Tenaga)

Sistem ini agak merepotkan karena mengharuskan anda sebagai pemilik rumah untuk terlibat langsung dalam proses pelaksanaan pekerjaan renovasi rumah. Anda harus menyediakan material yang akan dipakai. Disini anda, si pemilik rumah, harus mengawasi langsung jalannya renovasi agar diperoleh hasil sesuai yang anda harapkan.

  • Tenaga (Upah) Harian

Sistem ini yang paling merepotkan karena pelaksanaan pekerjaan renovasi rumah menggunakan tenaga tukang yang anda cari sendiri dan dibayar harian sesuai dengan standar upah setempat. Bila memang harus menggunakan sistem ini, sebaiknya gunakan tukang yang benar-benar memiliki keahlian dan pengalaman, sehingga kualitas pekerjaan bisa terjaga.

7. Pelaksanaan Pekerjaan Renovasi rumah

Setelah semua urutan renovasi rumah diatas terpenuhi, maka tinggal pelaksanaan pekerjaan dilapangan. Bila mungkin buatlah time schedule pelaksanaan pekerjaan untuk mempermudah anda mengontrol jalannya renovasi. Ingat, ketepatan waktu sangat diperlukan karena berpengaruh pada biaya renovasi rumah yang harus dikeluarkan.

Penulis berharap semoga informasi urutan renovasi rumah ini dapat membantu anda yang ingin melakukan renovasi rumah impian anda.

 

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms:

One thought on “7 Urutan Renovasi Rumah