Bangun rumah cepat dan murah.

Semua pemilik rumah yang sedang membangun rumahnya pasti menginginkan bisa membangun rumah dengan biaya murah dan waktu pembangunan yang cepat. Selama ini proses bangun rumah tinggal selalu identik dengan waktu yang panjang dan biaya bangun rumah yang besar.

bangun rumah cepat dan murah dengan bata ringan 150x150 Bangun Rumah Cepat Dan Murah Dengan Bata RinganNamun seiring dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang konstruksi, kini nampaknya ada salah satu solusi bangun rumah cepat dan murah dengan mereduksi waktu dan biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah tinggal, yaitu dengan penggunaan bata ringan (Hebel, Celcon, dll) sebagai pengganti bata merah konvensional yang dapat digunakan untuk pembuatan dinding atau lantai.

Penggunaan Bata Ringan Untuk Bangun Rumah Cepat Dan Murah

Dibandingkan bata merah konvensional, bata ringan memiliki beberapa kelebihan antara lain;

  • Memiliki sifat yang tahan terhadap api (tidak mudah hancur terbakar) dan cuaca ekstrim.
  • Berbahan dasar semen (bukan tanah liat seperti pada bata merah konvensional) sehingga bebas lumut, jamur, ngengat, dan pengeroposan.
  • Dinding yang terbuat dari bata ringan juga kedap suara, sehingga cocok bagi rumah tinggal yang berlokasi di daerah perkotaan yang cenderung lebih bising.
  • Dimensi bata ringan yang terbilang berukuran besar, dapat membuat bangunan lebih cepat selesai didirikan. Kaitannya dengan bangun rumah cepat dan murah adalah penghematan waktu dan biaya bangun rumah.

Namun selain kelebihannya, bata ringan juga memiliki kekurangan seperti;

Permukaan bata ringan yang lebih halus dibanding bata merah konvensional kadang kala membuat adukan semen plesteran tidak mudah menempel sempurna hingga diperlukan trik khusus agar adukan plesteran dapat menempel lebih mudah dan sempurna.

Salah satu solusinya adalah menggunakan semen instan yang memiliki kualitas lebih baik karena memiliki campuran lebih akurat dibanding adukan semen secara manual. Selain itu semen instan memiliki daya rekat yang lebih baik sehingga dinding kokoh dan kuat serta sangat mudah dalam mengaplikasikan karena cukup hanya dicampur air saja.

Bata ringan yang ada dipasaran saat ini ada 2 jenis / type, yaitu;

  • Type AAC (Autoclaved Aerated Concrete) yang berbahan dasar pasir silika, semen kapur dan air, dibuat dengan tekanan uap tinggi.
  • type CLC (Cellular Lighweight Concrete) yang berbahan dasar pasir, semen, foam (busa senyawa), dan air, dengan metode curing (proses jadi) yang alami.

Lebih jauh mengenai type-type bata ringan yang disebut di atas akan dibahas pada artikel lainnya, atau Anda dapat mencarinya di Google.

Bagaimana dengan Anda? Tertarikkah menggunakan bata ringan untuk rencana bangun rumah cepat dan murah Anda?

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms: