Bangun Rumah Bertahap.

Siapa orangnya yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Jawabannya pasti “tidak ada”. Semua orang pasti ingin memiliki rumah sendiri dan akan mengusahakannya dengan berbagai cara sesuai dengan dana yang dimilikinya. Ada yang memilih membeli rumah jadi, tapi tak sedikit pula yang memilih bangun rumah sendiri.

bangun rumah bertahap dinding ekspose 150x150 Cara Bangun Rumah BertahapBagi yang memiliki dana lebih, mungkin tinggal mencari, memilih dan membeli rumah dengan model dan lokasi yang sesuai dengan keinginannya. Namun bagaimana bagi yang memiliki dana pas-pasan atau bahkan kurang? Ini mungkin bisa jadi salah satu solusinya, yaitu melakukan bangun rumah bertahap, yang disesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa melakukan bangun rumah bertahap dan sesuai dengan dana yang kita miliki?

Cara Bangun Rumah Bertahap

Berikut ini beberapa tips dan cara bangun rumah bertahap;

Sebelum memulai membangun rumah secara bertahap, yang pasti harus Anda lakukan adalah membeli tanah atau lahan terlebih dahulu. Di lokasi manapun Anda membeli tanah, Anda harus berhati- hati dalam mendapatkan lahan tersebut. Sebelum memutuskan untuk membeli, perhatikan surat-surat tanahnya. Periksa dan cek keabsahannya ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) setempat. Periksa juga ke Dinas Tata Kota/Daerah untuk mengetahui peruntukan dari lahan Anda serta memastikan apakah di lahan Anda boleh dibangun rumah tinggal yang sesuai dengan keinginan Anda.

Buat blue print rumah Anda sebagai salah satu persyaratan memperoleh IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Anda bisa memperolehnya dari desainer/arsitek. Dengan IMB di tangan maka proses bangun rumah bertahap Anda akan dapat dimulai dengan lancar. Ingat! Jangan pernah membangun tanpa memiliki IMB.

Buat skala prioritas bagian atau ruang mana yang akan dibangun lebih dulu.  Sesuaikan dengan dana yang ada. Utamakan ruangan yang penting-penting dulu, seperti misalnya; kamar mandi dan ruang keluarga. Kamar mandi mutlak diperlukan, sedangkan ruang keluarga untuk sementara bisa multifungsi sebagai kamar tidur, ruang makan, bahkan dapur.

Finishing, merupakan komponen cukup besar dalam proses bangun rumah baik bertahap ataupun tidak, yang bisa mencapai hingga 30% dari total biaya bangun rumah. Proses finishing bisa dilakukan pelan-pelan dan bertahap. Dinding luar boleh saja tidak diplester atau dicat. Tapi dinding dalam kalau bisa di kapur atau diselesaikan dengan cara lainnya. Atau sekalian saja menggunakan dinding ekspose (dinding tanpa finishing), akan tetapi dengan catatan pengerjaan harus rapi.

Bila dinding dicat, gunakan cat dinding yang berwarna terang untuk menghemat pencahayaan buatan (lampu). Buat rak-rak secukupnya untuk menyimpan barang-barang, khususnya di ruang keluarga yang merupakan ruangan multifungsi.

Bila nanti Anda mempunyai dana lagi, bolehlah proses bangun rumah bertahap ini dilanjutkan lagi dengan penambahan ruangan-ruangan lain yang diperlukan, setahap demi setahap hingga rumah Anda menjadi rumah yang lengkap.

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms: