merencanakan anggaran renovasi rumah 7 Tips Merencanakan Anggaran Renovasi Rumah Secara Efisien

Sebenarnya penulis sudah pernah membahas mengenai anggaran renovasi rumah melalui artikel yang berjudul “RAB Renovasi Rumah, Hal Yang Sebaiknya Anda Tahu” (bila belum pernah membacanya, silahkan klik pada tautan judul artikel tersebut). Namun dalam artikel tersebut yang menjadi topic pembahasan utama adalah pengertian rencana anggaran biaya atau RAB renovasi rumah dan cara atau teknik menghitungnya.

Nah, pada artikel kali ini penulis ingin membahas mengenai beberapa cara atau tips yang mungkin bisa diterapkan untuk merencanakan anggaran renovasi rumah secara efisien untuk menghindari pemborosan pengeluaran keuangan rumah tangga Anda.

7 Tips Merencanakan Anggaran Renovasi Rumah Secara Efisien Dan Hemat

Dalam keseharian istilah “efisien” dan “hemat” sendiri sering diartikan sebagai “semurah-murahnya”. Tetapi arti kata yang sebenarnya adalah “menghasilkan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya (alias tanpa pemborosan)”.

Demikian halnya dalam sebuah kegiatan renovasi rumah, efisien disini berarti tercapainya tujuan renovasi rumah yang direncanakan semula dengan biaya yang sesuai, tidak terjadi pemborosan biaya maupun waktu. Dengan tercapainya kondisi yang efisien tersebut, maka dapat dikatakan kita memperoleh renovasi rumah murah karena tidak adanya pemborosan biaya renovasi.

Berikut ini 7 tips merencanakan anggaran renovasi rumah yang efisien dan hemat:

  1. Kenali dulu bangunan rumah Anda. Perhatikan dan catat apa saja kekurangan yang ada pada bangunan rumah Anda, bagian mana dan apa saja yang perlu ditambahkan, atau bagian-bagian mana yang butuh perbaikan.
  2. Buat list atau daftar rencana renovasi rumah lama Anda berdasarkan catatan yang telah dibuat pada poin nomor 1 di atas. Tentukan skala prioritas pekerjaan renovasi yang akan didahulukan sesuai dengan tingkat kerusakan dan kebutuhannya. Misalkan; untuk menghadapi musim penghujan dahulukan perbaikan atap yang bocor baru kemudian lanjutkan ke perbaikan plafond yang rusak akibat kebocoran, dan seterusnya.
  3. Setelah daftar dan prioritas pekerjaan siap, bila Anda mampu menghitung biaya renovasi rumah (RAB) sendiri, silahkan Ada hitung secermat mungkin untuk menentukan anggaran renovasi rumah Anda. Bila tidak, hubungi penyedia jasa renovasi rumah (kontraktor renovasi rumah atau pemborong bangunan) yang Anda percaya. Konsultasikan semua detil rencana renovasi yang telah Anda buat dan mintalah kontraktor atau pemborong untuk membuatkan RAB sekaligus penawaran harga.
  4. Saran dari penulis, bila mungkin hindari menggunakan system hitungan borongan per meter persegi, karena berdasarkan pengalaman, umumnya hasil hitungan yang diperoleh kurang akurat, bisa terlalu mahal atau bahkan terlalu murah namun beresiko terhadap kelancaran pelaksanaan pekerjaan renovasi itu sendiri. Lebih baik gunakan system hitungan biaya terperinci per item/jenis pekerjaan yang telah banyak terbukti lebih mendekati akurat, sehingga diharapkan anggaran renovasi rumah yang dibuatpun akan lebih efisien dan efektif.
  5. Pada saat pekerjaan renovasi rumah tengah berlangsung, jangan sekali-kali tergoda untuk menambah pekerjaan diluar dari yang telah direncanakan (sesuai list/daftar) semula. Penambahan-penambahan seperti inilah yang berpotensi mengakibatkan pembengkakan biaya renovasi. Terkecuali memang pekerjaan tambahan tersebut memang benar-benar sangat diperlukan, namun tetap usahakan disiplin mengikuti daftar yang telah dibuat.
  6. Sempatkan/luangkan waktu Anda untuk melihat langsung proses pelaksanaan pekerjaan renovasi rumah Anda. Dengan menyempatkan waktu sesekali mengamati proses renovasi, selain menambah ilmu dan pengetahuan Anda , juga dapat berfungsi memperkecil ruang gerak dan kemungkinan-kemungkinan oknum yang tidak bertanggung jawab yang dapat merugikan Anda.
  7. Terakhir, pastikan ada jaminan (garansi) dari kontraktor atau pemborong bangunan atas hasil pekerjaannya. Biasanya selama 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Dengan demikian bila ada ditemukan kekurangan dari hasil pekerjaan renovasi rumah yang telah dilakukan, Anda akan terbebas dari pengeluaran biaya tambahan karena masih ditanggung oleh si kontraktor atau pemborong bangunan.

Demikian 7 tips merencanakan anggaran renovasi rumah yang efisien, semoga dapat membantu, dan bila ada tips-tips lain yang berkaitan dengan topic ini, silahkan menambahkan melalui kolom komentar di bawah.

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms:

2 thoughts on “7 Tips Merencanakan Anggaran Renovasi Rumah Secara Efisien