Bangun rumah baru

Bila Anda saat ini sedang membangun rumah baru atau ingin membangun rumah baru, pastikan Anda membuat dinding yang kokoh dan kuat untuk jangka panjang.

Anda tentunya tak ingin mengalami dinding retak atau patah apalagi bila itu terjadi dalam waktu yang tak terlalu lama sejak rumah baru Anda selesai dibangun.

Banyak faktor yang mendukung kuat dan kokohnya dinding pada sebuah bangun rumah baru. Faktor-faktor inilah yang harus Anda perhatikan pada saat pembuatan dinding rumah sedang dilaksanakan.

Bila pembangunan rumah Anda dilakukan oleh kontraktor bangun rumah, maka cobalah Anda sempatkan untuk memperhatikan proses pembuatan dinding bangun rumah baru Anda, apakah sesuai dengan faktor-faktor yang disebut di bawah ini.

Faktor Penentu Kokohnya Dinding Pada Bangun Rumah Baru   

Pola penyusunan batu bata

susunan batu bata bangun rumah baru 150x150 Pastikan Dinding Kokoh Saat Bangun Rumah BaruDinding yang kokoh harus mengikuti dan memenuhi standar baku struktur konstruksi. Salah satunya adalah pola penyusunan batu bata yang digunakan sebagai bahan utamanya. Ketebalan dinding minimal yang disyaratkan adalah ½ bata untuk area non struktur dan 1 bata untuk area struktur. Demikian pula pola pemasangan batu bata, dimana celah pertemuan antara batu bata satu dengan yang lainnya tidak boleh segaris dengan celah pertemuan batu bata yang ada di atas dan bawahnya.

Jangan berkompromi dengan mutu struktur baja ringan

Bila Anda menggunakan struktur baja ringan sebagai pembentuk dinding bangun rumah baru Anda, jangan sekali-kali mengambil resiko dengan menggunakan material baja ringan berkualitas di bawah standar walaupun ditawari dengan harga murah.

Kelebihan dari struktur dinding baja ringan yang terbuat dari material baja ringan bermutu tinggi (high tensile/ Hi-ten) dengan kandungan lapisan 55% aluminium, 43,5% Zinc, dan 1,5% alloy ini sebenarnya tidak hanya menggantikan fungsi dinding, tetapi juga dapat berfungsi sebagai kolom yang dapat mendukung beban struktur yang ada di atasnya. Dengan demikian, pemakaian struktur rangka baja rigan ini tidak lagi memerlukan kolom dan balok. Rangka dinding baja ringan berbeda dengan rangka dinding atau partisi untuk gypsum. Rangka gypsum tidak bersifat struktural (non-load bearing wall) yang tidak diracang untuk menerima beban.

Kelebihan lain struktur dinding baja ringan selain cepat dalam proses pembangunannya adalah bobotnya yang ringan, kuat terhadap serangan rayap, dan tahan gempa. Struktur baja ringan ini juga cocok bila digunakan pada bangunan yang lokasinya mempunyai daya dukung tanah yang tidak begitu baik.

Pemasangan rangka dinding akan menumpu sloop di atas pondasi. Antar-sloop dengan rangka dinding diikat dengan menggunakan dynabolt (angkur) sehingga beban bisa diteruskan ke pondasi.

Sebagai penutupnya, dinding bagian luar bisa menggunakan panel dinding baja ringan (metal cladding), GRC, Fiber Cement (calciboard), atau kayu. Sedangkan dinding bagian dalam bisa menggunakan gypsum.

Komposisi campuran (adukan) beton yang tepat.

Salah satu ciri dinding yang kurang bagus adalah terasa kosong (kopong) dan mudah rapuh. Agar dinding tidak mudah rapuh maka campuran beton yang digunakan pun harus tepat. Campuran beton untuk dinding yang tepat adalah 1 : 2  artinya satu bagian semen dan dua campuran pasir. Campuran beton ini bisa digunakan untuk ikatan antar batu bata.

Cegah retak rambut pada dinding

Retak rambut pada dinding bisa disebabkan oleh elastisitas plesteran yang kurang baik. Bila tidak segera ditanggulangi, retak rambut bisa menyebabkan dinding menjadi keropos. Langkah sederhana untuk mecegah retak rambut adalah dengan cara memercikkan air terlebih dahulu ke dinding sebelum  melakukan plesteran.

Perkuatan dinding konvensional dengan kolom praktis, sloof dan ringbulk

Sebuah struktur dinding yang kuat dan kokoh harus mempunyai ikatan dan penahan beban. Khususnya dinding batu bata, beton aerasi, atau batako, keberadaan kolom praktis, sloof dan ring bulk (ring balok) sangat mutlak diperlukan dalam struktur bangun rumah. Kolom praktis, sloof dan ring bulk berfungsi untuk mengikat pasangan bata dan menahan atau menyalurkan beban struktur. Daya ikat dan pemasangan ketiga unsur struktur tersebut juga harus benar-benar kuat untuk menjamin keamanan bangun rumah baru Anda

Itulah beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan dalam proses bangun rumah baru Anda agar terhindar dari masalah yang mungkin menimpa dinding rumah Anda nantinya.

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms: