Color Wheel Dalam Renovasi Interior Rumah

Renovasi interior

Bila anda sudah merasa bosan dengan tampilan interior rumah anda dan ingin berganti suasana yang lebih fresh dan lebih memberikan rasa nyaman sehingga dapat membuat anda betah berlama-lama di dalam rumah anda, mungkin inilah saatnya anda melakukan renovasi pada interior rumah anda.

Salah satu faktor yang terpenting dalam renovasi interior rumah adalah warna. Pemilihan warna interior rumah sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, jangan asal pilih, karena warna yang tepat akan dapat mempengaruhi kenyamanan bahkan suasana hati para penghuninya.

Teori Warna Dalam Renovasi Interior Rumah

colorwheel 402 150x150 Pemilihan Warna Renovasi Interior Rumah

Color Wheel Interior

Sebelum anda memilih warna yang akan diaplikasikan pada renovasi interior rumah anda, ada baiknya bila anda mengetahui teori dasar kombinasi dan penggabungan warna yang didasari oleh 3 warna primer yaitu merah, biru, dan kuning. Gabungan dari ketiga warna primer tersebut akan menghasilkan 12 warna sekunder seperti ungu (gabungan warna merah dan biru), orange (merah dan kuning), hijau (biru dan kuning), dsb. Masih ada lagi gabungan antara warna primer dengan sekunder yang menghasilkan warna tersier, dst. Lebih jelasnya anda dapat melihat dan mempelajari penggabungan warna melalui gambar roda warna (Color Wheel) di samping.

Pemilihan Warna Dalam Renovasi interior rumah

Kebanyakan orang akan menggunakan salah satu warna tunggal dari warna-warna dasar primer atau sekunder  tersebut. Namun jika anda ingin sedikit nuansa yang berbeda, maka anda bisa menggunakan skema monokromatik (monochromatic scheme) yaitu:

  • Menggabungkan dua warna dengan degradasi yang berbeda, misalkan warna merah solid dengan warna merah lain yang berbeda seperti merah hati.
  • Memilih warna-warna yang bertetangga (lihat gambar: Color Wheel), seperti misalnya warna merah dengan orange atau merah dengan ungu.
  • Memilih warna-warna yang berlawanan. Pemilihan warna yang berlawanan bila dilakukan dengan tepat bisa membuat interior ruangan tampak semakin menarik. Contohnya adalah  warna merah dan hijau yang sangat cocok apabila dikombinasikan.

Selain kombinasi warna seperti tersebut di atas, silahkan anda coba berkesperimen dengan warna pada renovasi interior rumah anda untuk menemukan kombinasi yang paling sesuai bagi anda.

Menyesuaikan Warna Dengan Tema Interior Ruangan

Setiap ruangan di dalam rumah tentunya memiliki fungsi yang berbeda, begitu pula juga dengan para penghuninya. Ketika memilih warna saat renovasi interior rumah anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema dan fungsi dari setiap ruanganan. Selain itu siapa yang akan menjadi penghuni utama ruangan tersebut juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan.

Mari kita coba mulai dari ruangan yang paling banyak digunakan di dalam rumah, yaitu ruang keluarga atau ada juga yang digabung dengan ruang tamu. Ruangan ini akan sangat sering digunakan karena merupakan tempat keluarga berkumpul dan tamu berkunjung, jadi pilihlah warna yang memberikan kesan ramah, yang seolah menyapa dengan kata “welcome”, dan hangat. Salah satu warna yang sering digunakan untuk ruangan ini adalah coklat muda atau krem. Kedua warna ini bisa memberikan kesan natural, hangat, dan welcoming kepada siapapun yang masuk ke dalam ruangan tersebut. Selain itu, coklat dan krem merupakan warna yang sangat netral, sehingga anda bisa menggunakan perabotan dengan warna dan tipe apa saja untuk ruang keluarga anda. Warna coklat muda dan krem juga biasanya digunakan untuk warna utama dalam sebuah rumah yang minimalis maupun klasik.

Ruangan lain yang juga sering ditempati sehari-hari adalah kamar tidur. Jika anda memiliki anak kecil dan sedang memilih desain kamar tidur si kecil, maka warna yang dipilih sebaiknya adalah warna-warna terang seperti biru, pink dan hijau. Ketiga warna ini sangat sering digunakan untuk menciptakan suasana terang, tenang dan menyenangkan di dalam kamar tidur. Sebagai variasi, anda juga bisa menambahkan wallpaper untuk meramaikan keadaan di dalam kamar. Pastikan warna kamar tidur si kecil sesuai dengan warna kesukaannya, dengan begitu si kecil akan merasa nyaman dan betah di dalam kamarnya.

Efek Warna Pada Renovasi Interior Rumah

Selain tema dan fungsi ruangan, hal lain yang patut anda pertimbangkan ketika memilih warna saat renovasi interior rumah adalah efek sumber cahaya, seperti sinar matahari misalnya, yang masuk ke dalam ruangan rumah anda. Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan mempengaruhi dan menghasilkan efek warna yang berbeda-beda, tergantung waktunya. Efek tersebut bisa memberikan kesan ruangan tampak lebih luas ataupun kebalikannya semakin sempit. Biasanya dengan efek ini, warna gelap akan menimbulkan kesan ruangan yang lebih sempit, sebaliknya warna terang bisa membuat ruangan tampak lebih luas.

Semoga dengan mengetahui informasi-informasi diatas, anda bisa menentukan warna yang paling anda tepat dalam upaya renovasi interior rumah yang cocok bagi anda.

Sumber: Dari berbagai sumber

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

One thought on “Pemilihan Warna Renovasi Interior Rumah