Penyebab Retak Rambut Pada Dinding Rumah 2 Penyebab Retak Rambut Pada Dinding RumahTim Mitralka | Penyebab Retak Rambut Pada Dinding Rumah – Coba perhatikan dinding rumah Anda, apakah terlihat ada semacam garis-garis yang memiliki lebar kurang dari 1 milimeter? Bila ada, coba lagi melihat lebih dekat apakah garis-garis tersebut merupakan noda atau coretan di dinding ataukah merupakan retakan? Bila ternyata berupa retakan, maka itulah yang disebut sebagai “retak rambut”.

Disebut retak rambut karena keretakan yang terjadi hanya selebar kurang dari 1 mm (perumpamaan dari ketebalan rambut) dan biasanya tidak sampai menembus separuh tebal dinding.

Kerusakan paling parah dari retak rambut hanya sampai menembus plesteran, sehingga digolongkan pada kerusakan kecil bangunan rumah Anda. Cukup lakukan perbaikan rumah dan tidak perlu sampai renovasi rumah.

Penyebab Retak Rambut Pada Dinding Rumah

Penyebab retak rambut pada dinding rumah Anda bisa bermacam-macam, yaitu antara lain:

  • Pada saat proses pengerjaan plesteran, komposisi (campuran) adukan semen, pasir, dan air tidak dalam takaran perbandingan yang pas atau pengadukannya kurang sempurna, akibatnya pada saat plesteran mengering terjadi penyusutan yang menimbulkan keretakan.
  • Proses pengerjaan acian sudah dilakukan pada saat plesteran belum mengering sempurna. Pada saat plesteran mengering dimana terjadi dehidrasi (penguapan air), uap air tidak dapat keluar dan terjebak di bawah acian sehingga menimbulkan tekanan pada acian, akibatnya acian akan mengalami keretakan karena tidak mampu menahan tekanan uap air dari dalam yang mencari jalan untuk keluar ke udara bebas
  • Pengerjaan acian sudah dilakukan pada waktu yang tepat dimana plesteran sudah mengering sempurna namun tidak dilakukan pembasahan pada plesteran yang bertujuan mengikat acian dengan plesteran agar merekat sempurna. Akibatnya acian tidak merekat sempurna pada plesteran dan dapat menjadi penyebab retak rambut pada dinding rumah Anda.
  • Bisa juga retak rambut terjadi diakibatkan oleh alam seperti gempa bumi ringan atau benturan sedang.

Dari beberapa uraian penyebab retak rambut pada dinding di atas, dapat disimpulkan bahwa umumnya retak rambut disebabkan karena pengerjaan renovasi rumah atau bangun rumah yang terburu-buru, sehingga seluruh proses tahap demi tahap pembangunan rumah Anda tidak dilalui dengan sempurna.

Memang kebanyakan kontraktor rumah atau pemborong rumah selalu dikejar-kejar deadline penyelesaian pekerjaan karena bila pekerjaan molor dapat berimbas pada membengkaknya biaya proyek khususnya biaya upah tukang. Namun semestinya dan tidak seharusnya mengesampingkan tahapan proses yang sebetulnya penting untuk mencegah hal-hal yang dapat menjadi penyebab retak rambut pada dinding rumah Anda.

Bagaimana bila retak rambut sudah terlanjur terjadi pada dinding rumah Anda? Silahkan ikuti lanjutannya pada artikel berikutnya, klik pada tautan berikut: cara mengatasi retak rambut

 

Tim Mitralka | Mitra Jasa Renovasi Rumah dan Jasa Bangun Rumah Anda

Penyebab retak rambut

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms:

2 thoughts on “Penyebab Retak Rambut Pada Dinding Rumah

  1. Hello There. I found your blog using msn. This is a very well written article.
    I’ll make sure to bookmark it and come back to read more of
    your useful information. Thanks for the post.
    I’ll definitely comeback.