Anda pasti pernah mendengar yang namanya RAB renovasi rumah atau bangun rumah, tetapi apakah Anda tahu apa, bagaimana dan seberapa pentingkah RAB itu untuk diketahui? Silahkan Anda simak beberapa penjelasan mengenai RAB, khususnya bagi Anda yang berencana merenovasi rumah tinggal kesayangan Anda.

Apa Dan Seberapa Pentingkah RAB Renovasi Rumah Itu?

contoh rab renovasi rumah 360 RAB Renovasi Rumah, Hal Yang Sebaiknya Anda TahuRAB renovasi rumah, atau Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah, adalah sebuah perencanaan awal yang menyangkut jenis pekerjaan serta perkiraan atau taksiran biaya yang diperlukan untuk dapat menyelesaikan suatu kegiatan atau proyek renovasi rumah.

RAB berperan sangat penting ketika Anda ingin melakukan renovasi rumah. Dengan membuat RAB renovasi rumah secara terencana dan akurat sebelum memulai proyek renovasi rumah Anda, maka diharapkan Anda akan dapat memperoleh hasil akhir renovasi rumah idaman Anda sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan, dengan pengeluaran biaya renovasi yang sehemat dan seefisien mungkin.

Namun dalam memperoleh RAB, Anda tidak harus dan tidak perlu membuatnya sendiri, karena Anda bisa meminta kontraktor renovasi rumah atau pemborong bangunan untuk membuatkannya bagi Anda, yang biasanya sekaligus sebagai harga penawaran atas jasa renovasi rumah yang disediakannya. Anda tinggal memeriksa apakah RAB tersebut sudah mencakup seluruh item pekerjaan renovasi yang Anda inginkan, apakah harga yang ditawarkan wajar dan terjangkau bagi Anda, dan sebagainya.

Mengetahui Cara Menghitung RAB Renovasi Rumah

RAB renovasi rumah dibuat (diperoleh) dengan cara mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan. Volume pekerjaan dapat dihitung secara global (keseluruhan luas area yang direnovasi) ataupun dihitung per item (jenis) pekerjaan dalam satuan meter lari (m’), meter persegi (m2), meter kubik (m3), titik (ttk), unit, atau langsam (ls). Sedangkan harga satuan adalah akumulasi dari biaya/harga material, harga upah pekerja, dan biaya-biaya pendukung lainnya yang ditetapkan dalam satuan harga per meter persegi (Rp./m2).

Ada dua macam cara menghitung RAB renovasi rumah yang biasa digunakan, yaitu; Estimasi Biaya Kasar dan Perhitungan Biaya Terperinci.

Estimasi Biaya Kasar

Penghitungan harga/biaya yang dihasilkan masih berupa taksiran (estimasi) biaya renovasi rumah secara kasar yang diperoleh dengan cara menghitung volume global seluruh area renovasi yang akan dikerjakan kemudian dikalikan harga satuan standar sesuai jenis material yang digunakan dan kualitas finishing pekerjaan yang direncanakan.

Sebagai contoh: Bila Anda ingin merenovasi dengan standar material kelas Menengah, dimana harga satuan standar yang ditetapkan oleh kotraktor renovasi rumah adalah Rp. 3.500.000,-/m2, bila luas total area yang direnovasi 100 m2, maka taksiran biaya yang dibuat adalah;  Luas total renovasi dikalikan dengan harga satuan standar, yaitu; 100 m2 x Rp. 3.500.000,-/m2 = Rp. 350.000.000,-.

Walaupun nampaknya cara menghitung dengan estimasi biaya kasar ini mudah dan praktis, namun pada prakteknya tidak selalu dapat diterapkan untuk semua jenis pekerjaan atau proyek. Hal ini disebabkan harga satuan standar yang dibuat umumnya adalah hasil analisa harga material, upah, dan biaya pendukung lainnya, yang mencakup seluruh pekerjaan dalam kegiatan bangun rumah baru mulai dari persiapan hingga finishing dan dengan standar material yang telah dipatok oleh si penentu harga satuan, dalam hal ini adalah kontraktor atau pemborong bangunan.

Oleh karena itu, cara estimasi biaya kasar sangat tidak disarankan untuk pekerjaan yang berupa renovasi rumah karena mungkin hanya cocok diterapkan untuk proyek bangun rumah baru itupun bila tipe bangunan dan kualitas finishingnya memang benar-benar sesuai dengan yang diingnkan.

Estimasi Biaya Terperinci

Perhitungan harga/biaya terperinci diperoleh dengan cara menghitung volume dan harga dari masing-masing item pekerjaan dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan. Dengan begitu nilai total biaya renovasi lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Teknik menghitung RAB renovasi rumah dengan estimasi biaya terperinci adalah dengan mengumpulkan data volume dari masing-masing item pekerjaan renovasi yang akan dilakukan, kemudian dikalikan dengan harga satuan yang disusun dari kombinasi komponen harga material, upah, dan biaya pendukung masing-masing item pekerjaan, seperti misalnya:

  • Pekerjaan renovasi lantai, dibuat dengan menghitung luas area lantai yang direnovasi (dalam satuan m2) dikalikan dengan harga satuan pekerjaan per m2 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan material (semen, pasir, penutup lantai), upah, dan biaya pendukung lainnya per m2.
  • Pekerjaan renovasi plafond, dibuat dengan menghitung luas area plafond yang direnovasi (dalam satuan m2) dikalikan dengan harga satuan pekerjaan per m2 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan material (gypsum board, list plafond gypsum, rangka hollow), upah, dan biaya pendukung lainnya per m2. Dan lain-lain.

Selain itu, biasanya ada taksiran biaya lainnya yaitu biaya tak terduga (overhead cost) dan biaya jasa pemborong atau kontraktor yang berkisar antara 10-15%.

Manfaat Mengetahui RAB Renovasi Rumah

Setelah Anda mengetahui dan memahami apa itu RAB dan bagaimana cara menghitungnya, tentunya Anda dapat memilih sistem perhitungan yang mana yang terbaik menurut Anda. Namun disini kami ingin menyarankan bagi Anda yang ingin merenovasi rumah dan membutuhkan rencana anggaran biaya (RAB) sebelum memulainya, sebagai berikut:

  • Khususnya untuk pekerjaan renovasi rumah, hindari cara menghitung RAB menggunakan Estimasi Biaya Kasar karena hasil perhitungannya hampir bisa dipastikan tidak akan akurat dan kemungkinan besar akan membuat Anda kecewa.
  • Lebih baik gunakan cara menghitung RAB dengan Estimasi Biaya Terperinci yang akan lebih menjamin keakuratan anggaran biaya yang harus Anda siapkan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai RAB renovasi rumah yang sebaiknya Anda ketahui, yang dirangkum berdasarkan pengalaman kami dan literature dari berbagai sumber yang dapat kami pertanggungjawabkan.

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms:

10 thoughts on “RAB Renovasi Rumah, Hal Yang Sebaiknya Anda Tahu

  1. Salam kenal!…Posting Anda tentang pentingnya membuat RAB rumah sangat bermanfaat bagi banyak orang. Cara estimasi kasar banyak dilakukan dikalangan orang awam..diantaranya dengan cara menayakan kepada tetangga..atau tukang bangunan yang dipercaya untuk mengerjakannya. Hal tersebut sangatlah tidak menguntungkan bagi sipemilik rumah, sebab labih banyak melesetnya daripada benarnya, baik kelebihan atau kekurangan sangat merugikan.. apalagi dana yang digunakan adalah dana pinjaman bank.

  2. Just wish to say your article is as astounding.
    The clarity on your publish is simply spectacular and that i
    could think you are knowledgeable in this subject. Fine along with your permission allow me to grasp
    your RSS feed to stay updated with approaching post.
    Thanks one million and please carry on the rewarding work.

  3. Hi, I think your website might be having browser compatibility issues.

    When I look at your blog in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer,
    it has some overlapping. I just wanted to give you a quick
    heads up! Other then that, terrific blog!

  4. Saya mempunyai cita-cita membuat ruangan seluas 15m2 di lantai-2 (kamar tidur 3.5m x 2.5m, sisanya ruang keluarga) selama ini rumah saya hanya 1 lantai. kira-kira berapa biaya yang harus saya persiapkann untuk membangun ruangan di lantai-2 tersebut ? terimakasih.

  5. slamat malam, saya ingin merenovasi rumah saya, luas bangunan 70m2 (lantai 1), saya ingin menjadikan 2 lantai dengan seluruh luas bangunan lantai 1 itu, kira-kira berapa biaya yang harus saya persiapkan untuk membangun rumah impian saya? kalau untuk gambar rumah dari sebelum dan sesudah saya sudah siapkan menggunakan google skechup, tapi saya belum mengerti menghitung RAB nya.
    terimakasih..