Bagian I dari Seri Renovasi Rumah Tua | Restorasi vs Renovasi Rumah Tua

renovasi rumah tua Renovasi Rumah Tua vs Restorasi Cukup banyak pemilik rumah yang lebih memilih membeli dan melakukan restorasi atau renovasi rumah tua daripada membeli rumah yang baru dengan berbagai alasan, seperti;

  • Kualitas pengerjaannya seringkali dipercaya lebih baik daripada bangunan – bangunan rumah masa kini.
  • Tampilan tekstur dan urat-urat kayu yang berusia tua maupun pola lantai memiliki keunikan tersendiri dan kaya akan nuansa seni.
  • Arsitektur pintu, jendela dan detail lainnya mampu menampilkan sebuah karakter rumah tua yang unik dan bergaya klasik.
  • Serta struktur bangunan yang terasa lebih solid dan kokoh.

Tapi ketika tiba saatnya dimana sebuah tindakan renovasi rumah dan restorasi diperlukan, melakukan renovasi rumah tua ternyata dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pemilik rumah bila belum bersiap diri khususnya dari sisi financial untuk pembiayaan ke depannya. Bisa jadi nantinya Anda akan berkata “Ternyata renovasi rumah tua lebih mahal daripada yang diperkirakan semula”.

Restorasi vs Renovasi Rumah Tua

Dalam kaitannya dengan biaya, banyak yang mengira restorasi atau renovasi sama saja. Tapi sebenarnya ada sebuah perbedaan yang cukup besar antara biaya restorasi, yang mencoba untuk mengembalikan bagian-bagian maupun komponen dari sebuah rumah tua (kuno) dengan berdasarkan pertimbangan akurasi nilai historis/sejarah, dengan biaya renovasi, yang dalam hal ini hanya mengupgrade komponen rumah lama dengan yang baru.

Melakukan restorasi rumah tua akan lebih mahal jika Anda bertujuan untuk menjaga keaslian konstruksi asli. Dibandingkan renovasi rumah tua, biaya restorasi benar-benar mahal, karena Anda harus membuatnya benar-benar cocok dan persis dengan keadaan aslinya. Anda mungkin harus memiliki peralatan khusus, cetakan yang dibuat khusus, pisau yang dibuat khusus, maupun peralatan kustome lainnya. Hal ini tentu saja membutuhkan biaya lebih.

Sedangkan renovasi rumah tua yang lebih ditujukan untuk merubah atau mengupgrade tampilan kearah yang lebih modern, praktis tidak memerlukan proses yang khusus dan walaupun juga rumit tetapi tidak memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi dibandingkan pekerjaan restorasi. Dan karenanya juga otomatis tidak memakan biaya sebesar kegiatan restorasi.

Tantangan Dalam Renovasi Rumah Tua

Sebuah rumah tua pasti memiliki karakter tersendiri, begitupun dengan jenis-jenis masalah atau kerusakan yang mungkin terjadi. Anda akan membutuhkan perhatian dan penanganan yang lebih khusus daripada hanya sekedar memahami karakter sebuah rumah tua untuk mengatasi beberapa masalah khusus yang akan menjadi tantangan yang harus Anda hadapi dalam upaya renovasi rumah tua menjadi sebuah rumah modern yang nyaman dan aman dihuni untuk jangka waktu yang tak terbatas.

Berikut ini beberapa tantangan renovasi rumah tua yang umumnya harus Anda hadapi:

  1. Air
  2. Keretakan pondasi
  3. Timbal
  4. Listrik
  5. Asbes
  6. Jendela
  7. Tangki pendam, sumur dan septik tank

Lebih lanjut penjelasan tantangan renovasi rumah tua ini dapat Anda ikuti pada tautan seri artikel di bawah ini; 7 Masalah Renovasi Rumah Tua

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms:

2 thoughts on “Renovasi Rumah Tua vs Restorasi

  1. Cheap Coach Handbags on sale for customers now! Fashionable and warm Coach Handbags can keep your feet warm in freezing cold winter.

    Don’t miss Coach Handbags sale. Great products and low price is the reason
    why you should choose us.
    more from :Cheap coach bags for men