Bangun rumah minimalis murah

Sebuah bangun rumah minimalis dapat dikatakan murah bila memenuhi kriteria hemat dalam hal biaya bangun rumah maupun hemat dalam hal fungsionalitas alias hemat energi sehingga juga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.

Untuk mencapai kriteria murah dan hemat tersebut sebenarnya ada beberapa hal yang dapat Anda upayakan sejak dimulainya proses pembangunannya. Berikut ini beberapa tipsnya;

Tips Bangun Rumah Minimalis Murah dan Hemat Energi

bangun rumah minimalis murah dengan lantai semen 150x150 Tips Bangun Rumah Minimalis MurahUntuk memperoleh sebuah bangun rumah minimalis murah seperti tersebut di atas, Anda tak harus mengeluarkan biaya bangun rumah yang besar saat pembangunannya.

Salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya pembangunan dan perawatan rumah, tanpa mengabaikan desain yang terkesan alami, Anda bisa mencoba metode unfinished (tanpa melakukan finishing, alias apa adanya) ataupun menggunakan konsep material expose.

Beberapa contoh yang bisa Anda lakukan;

Daripada Anda menggunakan lantai berbahan marmer yang jelas-jelas mahal, Anda bisa mencoba cukup dengan menggunakan semen (cement expose) pada lantai Anda. Selain lebih hemat, lantai semen tidak mudah terlihat kotor dan tidak membuat kesan berminyak jika belum dibersihkan.

Alternatif bangun rumah minimalis murah lainnya, Anda bisa mencoba membangun rumah tanpa harus dicat. Selain hemat energi, hemat perawatan juga. Sebagai pengganti cat dinding, Anda cukup menggunakan teknik acian expose, jadi hanya sampai pada tahap tembok dilapisi acian atau bila ingin lebih hemat lagi cukup hanya batako saja tanpa dilapisi acian (batako expose).

Bila rumah Anda berlantai 2, atau menggunakan atap (dak) cor beton, plafond juga bisa disiasati dengan membiarkan beton menjadi plafon. Tips lainnya adalah menggunakan sisa-sisa keramik, atau material bekas sebagai bahan penghias dinding.

Untuk memperoleh bangun rumah minimalis murah dan hemat energi, Anda bisa memanfaatkan cahaya yang diperoleh secara alami melalui ventilasi alami pula, menggunakan material produksi lokal maupun bahan daur ulang, serta murah perawatannya.

Selain hemat energi, terapkan pula konsep rumah ramah lingkungan yang tampak dari tersedianya ruang terbuka hijau di areal rumah atau mengupayakan area hijau di dalam ruangan dengan penempatan tanaman-tanaman hias di dalam ruangan, serta memberdayakan potensi lokal seperti misalnya, dengan mengadaptasi desain rumah-rumah tradisional.

Sebenarnya, masih banyak ide-ide lain yang dapat diterapkan namun tidak diulas disini untuk memberikan kesempatan bagi Anda mengembangkan ide-ide Anda. Anda pasti akan dapat menemukannya sendiri dengan kreativitas yang Anda miliki.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba bangun rumah minimalis murah dan hemat energi?

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms:

One thought on “Tips Bangun Rumah Minimalis Murah