Mencegah Rugi Renovasi Rumah

Mencegah rugi renovasi rumah

Semua orang yang ingin merenovasi rumahnya pasti berusaha untuk memperoleh kualitas renovasi yang semaksimal mungkin dengan harga yang seminimal mungkin. Salah satu cara yang kerap dilakukan adalah mencari beberapa alternatif penawaran harga dari beberapa pemborong atau kontraktor renovasi rumah dan menekan harga penawaran dari pemborong atau kontraktor serendah mungkin.

mencegah rugi renovasi rumah 150x150 Tips Mencegah Rugi Renovasi RumahNamun tahukah Anda resiko apa yang ada dibalik harga penawaran yang terlalu murah?

Dan apakah benar bahwa harga yang terlalu murah dapat menyebabkan Anda mengalami kerugian?

Inilah beberapa hal yang sering kali terjadi pada sebuah proyek renovasi rumah akibat harga yang terlalu murah yang dapat Anda jadikan perhatian untuk mencegah rugi renovasi rumah:

  • Ditengah jalan pelaksanaan renovasi rumah, tiba-tiba si pemborong atau kontraktor menghentikan pekerjaannya atau menghilang tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Hal ini biasanya disebabkan oleh si pemborong atau kontraktor renovasi rumah Anda kehabisan dana atau dananya menipis serta sudah tak bisa meminta tambahan dana lagi dari pemilik rumah, dan karena tak mau menanggung resiko kerugian bila pekerjaan dilanjutkan maka kabur adalah pilihan terakhir yang diambilnya.
  • Renovasi rumah bisa tetap diselesaikan, namun masalah yang sebenarnya baru terjadi beberapa waktu kemudian yang disebabkan oleh tindakan pengurangan-pengurangan kualitas, volume dan mutu bahan, yang dilakukan oleh si pemborong atau kontraktor renovasi rumah yang mengerjakannya. Kualitas pekerjaan tersebut sengaja disunat demi untuk mempertahankan laba yang telah ditargetkan oleh si pemborong atau kontraktor tersebut.
  • Dan beberapa pengalaman yang menjadi pil pahit bagi pemilik rumah akibat minimnya dana renovasi, seperti; hasil pekerjaan yang tidak rapih, sudut-sudut yang tidak sempurna, tembok yang miring, cat belepotan, dan lain-lain.

Tips Mencegah Rugi Renovasi Rumah

Dalam upaya memenangkan persaingan usaha, tak terkecuali usaha jasa renovasi rumah, tak sedikit pemborong atau kontraktor renovasi rumah yang berani menawarkan harga semurah-murahnya, bahkan hingga melewati batas terendah, dimana bagi mereka yang mengerti dalam hal konstruksi, rasanya tidak memungkinkan untuk dapat dilakukan. Hal tersebut sengaja dilakukan si pemborong atau kontraktor demi tujuan semata-mata agar mendapat order pekerjaan dan mengabaikan kemungkinan kerugian nantinya. Dilain pihak, bagi si pemilik rumah akan merasa diuntungkan oleh harga murah yang ditawarkan tanpa menyadari resiko kerugian di belakang hari nanti.

Nah, bila Anda tak ingin mengalami kerugian saat merenovasi rumah, berikut ini beberapa tips untuk mencegah rugi renovasi rumah kesayangan Anda:

  1. Rencanakan renovasi rumah Anda dengan matang, mulai dari konsep yang jelas, gambar rencana, hitungan RAB, pemilihan pemborong atau kontraktor, dan lain-lain.
  2. Persiapkan dana sebaik-baiknya, jangan memaksakan diri melakukan renovasi bila dana yang Anda miliki belum mencukupi. Ketersediaan dana yang terbatas biasanya akan memicu pemilik rumah untuk menawar harga semurah-murahnya. Bila Anda ingin mencegah rugi renovasi rumah lebih baik menunggu sampai dana mencukupi.
  3. Gunakan jasa pemborong atau kontraktor renovasi rumah yang benar-benar Anda yakin dan percayai kejujurannya. Jangan gunakan kontraktor yang nampak terlalu melebih-lebihkan keunggulannya atau yang Anda rasakan terlalu tergesa-gesa dan selalu mendesak Anda untuk segera memutuskan menggunakan jasanya, karena biasanya itu pertanda bahwa ia terlalu berambisi untuk memperoleh pekerjaan dan biasanya akan mudah menghalalkan segala cara demi meraih keuntungan yang telah ditargetkannya. Ingat, bila di awal saja sudah tidak jujur, bagaimana nanti bila sudah mengerjakannya, apakah ia akan dapat selalu jujur? Rasanya tidak mungkin karena di awal saja sudah berbohong.
  4. Ikuti harga standar sistem borongan pekerjaan renovasi rumah yang berlaku di wilayah setempat. Jangan tergoda dengan tawaran harga yang murah, apalagi di bawah standar. Analisa setiap penawaran harga yang Anda terima dan konsultasikan dengan ahlinya atau sesuaikan dengan harga pasaran yang berlaku bila anda ingin mencegah rugi renovasi rumah nantinya.
  5. Bila pekerjaan renovasi rumah Anda sudah berlangsung, perlakukan tukang-tukang yang mengerjakan rumah Anda dengan sewajarnya. Hargai mereka dan bersikaplah bijak, dengan demikian mereka akan memiliki rasa segan dan loyal kepada Anda. Bila rasa segan dan loyal dari para tukang itu telah ada, maka Anda bisa berharap pekerjaan renovasi rumah Anda akan berlangsung lancar dan secara tidak langsung juga mencegah rugi renovasi rumah Anda.

Demikian beberapa tips mencegah rugi renovasi rumah yang didasarkan pada kenyataan dan pengalaman yang pernah dirasakan oleh beberapa pemilik rumah yang pernah diceritakan kepada Tim Mitralka dan bila ada masukan maupun tips-tips lainnya kami persilakan berbagi.

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

Incoming search terms: