renovasi apartemen murah

Renovasi Apartemen Murah

Renovasi apartemen sangat berbeda dari renovasi rumah tinggal biasa. Meskipun pada dasarnya hampir sama, namun ada beberapa hal yang berbeda dan hanya dijumpai dalam kegiatan renovasi apartemen, mulai dari keterbatasan ruang gerak atau space untuk mobilitas pekerja dan material, hingga permasalahan ijin dan koordinasi baik dengan tetangga  kiri-kanan atau pengurus setempat.

renovasi apartemen murah 150x150 7 Tips Renovasi Apartemen MurahHal-hal tersebut di atas bila tidak diantisipasi sejak awal, dikhawatirkan kelak akan menjadi sumber permasalahan yang datang belakangan bahkan kemungkinan akan mempengaruhi atau menambah pengeluaran (biaya) yang tak terduga, sehingga bila target awal adalah mengupayakan renovasi apartemen murah, bisa jadi tak akan tercapai.

Karena itu, sebaiknya rencanakan dan persiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum pekerjaan renovasi dimulai agar tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu dan menghambat rencana renovasi apartemen murah Anda.

7 Tips Renovasi Apartemen Murah

1. Buat rencana dan fokus

Sama halnya dengan pekerjaan renovasi rumah tinggal biasa, selalu buatlah rencana, tentukan jenis renovasi dan elemen-elemen mana yang akan menjadi target renovasi apartemen murah Anda. Setelah rencana renovasi apartemen Anda siap, Anda tinggal fokus pada rencana yang telah disusun. Sebisa mungkin jangan melakukan perubahan-perubahan di tengah pekerjaan berlangsung agar Anda terhindar dari pembengkakan biaya.

2. Berkoordinasi dengan pengurus bangunan dan tetangga

Sebelum memulai segala sesuatunya, mintalah ijin dari pengurus bangunan apartemen dan pastikan tetangga kiri-kanan Anda tak begitu terganggu dengan kegiatan renovasi apartemen yang Anda lakukan. Anda dapat bersilaturahmi ke tetangga kiri-kanan, beritahukan sekaligus sampaikan permohonan maaf bila nantinya kegiatan renovasi yang Anda lakukan sedikit megganggu ketentraman mereka. Langkah awal Anda ini, walaupun tidak langsung terasa efeknya, akan tetapi sudah mencegah kemungkinan pembengkakan biaya akibat hal-hal di luar perkiraan Anda.

3. Siapkan space untuk mobilitas pekerja dan peletakan material

Umumnya ruangan apartemen memiliki area kosong yang sangat terbatas dibandingkan rumah tinggal biasa. Karena itu Anda perlu mempersiapkan dan menyediakan lokasi-lokasi yang dapat digunakan untuk meletakkan material sebelum diaplikasikan. Jangan lupakan ruang gerak bagi pekerja agar tidak menghambat pekerjaannya.

4. Gunakan warna putih, warna terang dan cerah

Untuk mensiasati terbatasnya luas ruangan-ruangan dalam apartemen, Anda dapat menggunakan warna putih. Warna putih pada dinding akan membuat ruangan terasa lebih luas dan menciptakan ilusi warna. Selain itu harga cat berwarna putih umumnya agak lebih murah dibanding warna-warna lain, dengan begitu Anda bisa sedikit menghemat dalam upaya renovasi apartemen murah yang Anda inginkan.

Dengan kombinasi warna terang dan cerah, Anda akan melihat perbedaan atmosfir yang tercipta. Akan tetapi perlu perlu diingat bahwa selera setiap orang itu berbeda, karena itu untuk lebih amannya, pilihlah warna-warna netral yang akan lebih sinkron jika dipadu padankan.

5. Ganti karpet lantai

Dengan merubah tampilan lantai apartemen, Anda dapat merasakan perbedaan yang sangat besar dari seluruh tampilan apartemen Anda. Anda tak perlu membongkar dan mengganti lantai lama Anda, cukup dengan menghamparkan karpet pada ruang tamu, ruang tidur, atau ruang bersantai. Gunakan karpet yang berwarna terang namun senada dengan warna dinding untuk menimbulkan kesan ruangan yang lebih luas. Penggunaan karpet sebagai penutup lantai ini adalah juga salah satu trik yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam upaya renovasi apartemen murah Anda.

6. Sentuhan ringan untuk tampilan berbeda

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menciptakan tampilan unik dan berbeda pada ruangan apartemen Anda adalah mengganti baru handle dan knop lemari-lemari penyimpan alat-alat dapur, perlengkapan mandi, dan tempat-tempat penyimpanan lainnya  yang menggunakan handle tarik atau knop. Dengan biaya yang minimal, Anda akan kagum ketika melihat perubahan yang terjadi pada keseluruhan ruangan-ruangan apartemen Anda.

7. Kotak penyimpanan untuk menciptakan ruangan yang bersih dan kompak

Buatlah kotak-kotak penyimpanan (storage) yang ditaruh di ruangan-ruangan apartemen Anda, dengan desain yang smart dan bila memungkinkan dibuat multi fungsi untuk menghemat space ruangan, seperti misalnya; kotak penyimpanan yang bisa beralih fungsi menjadi tempat tidur pada malam hari, atau kitchen island yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan masak.

Sebenarnya masih banyak ide-ide yang dapat Anda terapkan untuk merubah tampilan dan suasana apartemen Anda yang rasanya tak mungkin bila disebutkan semua disini. Anda dapat bereksperimen dengan berbagai kombinasi elemen ruangan dengan tetap berpegang pada permainan warna yang tepat, pemilihan perabotan yang kompak dan multifungsi, dan lain-lain, dan dengan tetap memperhitungkan segi biaya agar proyek renovasi apartemen murah yang Anda inginkan tetap dapat tercapai.

 

Tim MITRALKA ( mitrarenovasirumah.com ) 

Adalah tim penyedia layanan jasa konstruksi yang meliputi:

“Bagi kami, klien bukan hanya merupakan pelanggan yang wajib kami layani dan kami jaga sebaik-baiknya, tetapi juga klien adalah MITRA yang turut andil dalam pasang surut dan perkembangan usaha dan layanan kami.”

Kami dapat dihubungi di:

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Mitra,

Tim Mitralka

2 thoughts on “7 Tips Renovasi Apartemen Murah